CCTV: Penjelasan dasar

sumber: cormsquare.com


Penjelasan awal CCTV:
CCTV adalah singkatan dari Closed Circuit TeleVision, bisa juga disebut Video Surveillance adalah penggunaan video camera untuk mengawasi posisi tertentu pada saat tertentu ke pada monitor yang telah ditentukan.

Berbeda dengan Video Broadcast, dimana monitor nya tidak dibatasi - semua dapat menerima siarannya.
Jadi CCTV biasa digunakan untuk mengawasi daerah tertentu.

Katanya, ada sekitar 350 juta camera CCTV terpasang pada thn 2016 (sumber: www.wikipedia.com), 65% nya terpasang di Asia :))

Penggunaannya sekarang meliputi: Pencegahan kejahatan, pengawasan proses industri, penggunaan pada tubuh/baju, pengawasan jalan (ada yg pernah diteriaki? :)), keamanan perjalanan, event olahraga, pengawasan pegawai/ sekolah/ rumah dll.

Apa saja komponen dasar CCTV:
- DVR: Digital Video Recorder ... berguna untuk merekam output dari Video camera. Bisa berupa alat khusus (kotak hitam, ini yg paling sering kita pakai) atau pun komputer PC biasa yg sudah dipasang alat dan software khusus CCTV.
- CCTV camera: Macam2 nya: Analog, Digital, Wireless, Network

Untuk artikel mengenai CCTV camera, bisa diikuti disini: http://benangijo.blogspot.co.id/2017/11/cctv-camera-dan-penjelasannya.html
Ikuti artikel2 berikutnya tentang penjelasan CCTV DVR, Camera, dll (segera menyusul)

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello I'm GreenThread, Photography enthusiast and technology follower. Follow me for more updated information.

0 comments:

Post a Comment

Photography: Aperture, ISO dan Shutter speed

Di artikel ini, kita bahas beberapa basic profesional photography yang perlu diketahui ya. Exposure triangle source: https://petapixel.com B...